Software Quality Management

Sabtu, 04 Mei 2013

References :
  • Daniel Galin, Software Quality Assurance: from Theory to Implementation, Pearson Addison Wesley, 2004
  • G. Gordon Schulmeyer, et al., The Handbook of Software Quality Assurance, 3rd Edition, Prentice Hall, New Jersey, 1999
  • Frank P. Ginac, Customer Oriented Software Quality Assurance, Prentice Hall PTR, 1997
  • IEEE Standard on SQA, 1998
Objectives :
  • Membentuk dan menumbuhkan pengetahuan mengenai semua komponen dan atribut kualitas perangkat lunak, kemampuan menerapkan metode dan tools yang dibutuhkan sehingga pemahaman yang dimiliki dapat digunakan untuk meningkatkan kualitas perangkat lunak
  • Pada akhir kuliah, mahasiswa diharapkan mampu mengelola dan mengukur perangkat lunak dari sisi kualitasnya
Materials :
  • Prinsip dan Konsep Kualitas Perangkat Lunak
  • Metriks dan Komponen Kualitas Perangkat Lunak (1)
  • Metriks dan Komponen Kualitas Perangkat Lunak (2)
  • Komponen Software Quality Assurance (SQA) dalam Daur Hidup Proyek
  • Pengujian, Validasi, dan Verifikasi Perangkat Lunak

Evolusi perangkat lunak (PL) :
Pengembangan PL : requirements, specifications, design, coding, testing, inspection
  • Requirements : kebutuhan dari user
  • Specifications : analisis apa saja kebutuhan user
  • Design : buat model data dan model proses
  • Coding : coding desain
  • Testing : untuk menguji kelayakan PL, ada error atau tidak
  • Inspection : maintenance
Perawatan PL : proses memperpanjang waktu pakai PL
Migrasi PL : proses perpindahan PL ke setting yang baru
Evolusi PL harus bisa :
  • Memenuhi requirement yang baru, contoh : menyediakan user interface yang berbasis web
  • Mengurangi kompleksitas, biaya mendatang dan waktu ke pasaran
  • Menggunakan bahasa yang modern
  • Mengurangi defect : menyediakan violation standar coding
Definisi Perangkat Lunak :
Menurut Pressman
  • Instruksi atau program komputer yang ketika dijalankan menyediakan fungsi dan performanceyang diinginkan dan
  • Struktur data yang memungkinkan program memanipulasi informasi dan
  • Dokumen yang menggambarkan cara menggunakan dan mengoperasikan program tersebut
Menurut IEEE & ISO 1997
  • Program komputer (code)
  • Prosedur
  • Dokumentasi
  • Data yang diperlukan untuk mengoperasikan sistem PL
Dalam perspektif Software Quality Assurance (SQA) / Jaminan Kualitas PL
Perangkat Lunak adalah gabungan program komputer (code), prosedur, dokumentasi dan data yang diperlukan untuk mengoperasikan sistem PL
  • Kombinasi keempat komponen ini diperlukan untuk menjamin kualitas proses pengembangan PL sebagus kepastian perawatan dalam jangka panjang.
Kesalahan Perangkat Lunak :
Software error : bagian code yang sebagiannya atau keseluruhannya salah, yang diakibatkan oleh kesalahan gramatical, logical, atau kesalahan lain yang dibuat oleh analis sistem, programmer atau anggota lain yang terlibat dalam tim pengembangan PL
Software defect : bagian PL yang tidak memenuhi dokumentasi pengembangan PL
Software fault : software error yang menyebabkan kesalahan fungsional
Software failure : kesalahan PL yang terjadi ketika user meminta bagian PL yang fault. Sumbersoftware failure adalah software error.
Definisi kualitas Perangkat Lunak :
Menurut IEEE
  • Derajat sistem, komponen, atau proses yang sesuai dengan spesifikasi atau
  • Derajat sistem, komponen, atau proses yang memenuhi kebutuhan customer atau ekspektasinya
Menurut Pressman
  • Kesesuaian kebutuhan fungsional dan performance, adanya dokumentasi standar, dan memiliki sifat yang diharapkan oleh semua profesional pengembang PL

Definisi SQA :
Menurut IEEE
  • Pola yang terencana dan sistematis dari semua tindakan yang diperlukan untuk menyediakan kepercayaan yang cukup terhadap suatu item atau produk disesuaikan ke kebutuhan teknis
Kumpulan aktivitas yang didesain untuk mengevaluasi proses di mana produk dihasilkan
Definisi lanjut
  • Kumpulan aktivitas yang sistematis dan terencana untuk menyediakan proses pembangunan PL atau proses perawatan dari produk sistem PL yang memenuhi kebutuhan teknis fungsional, seperti halnya dengan kebutuhan managerial untuk memelihara jadwal dan operasi dalam anggaran yang terbatas

Tujuan SQA :
Software development (process-oriented)
  • Menjamin suatu level penerimaan bahwa PL sesuai dengan requirement fungsional
  • Menjamin suatu level penerimaan bahwa PL sesuai dengan jadwal managerial dan kebutuhan biaya
  • Menginisialisasi dan mengatur aktivitas perbaikan dan peningkatan efisiensi pengembangan PL dan aktivitas SQA
Software maintenance (product oriented)
  • Menjamin dengan level penerimaan bahwa aktivitas perawatan PL akan sesuai dengan kebutuhan fungsional
  • Menjamin dengan level penerimaan bahwa aktivitas perawatan PL akan sesuai dengan jadwal dan kebutuhan biaya
  • Menginisialisasi dan mengatur aktivitas perbaikan dan peningkatan efisiensi perawatan PL dan aktivitas SQA

Alasan memperhatikan kualitas PL : karena kualitas adalah :
· Masalah persaingan
· Penting supaya dapat survive
· Penting untuk global marketing
· Mengefektifkan biaya
· Mempertahankan customer dan meningkatkan keuntungan
Reaksi berantai Deming
clip_image001
Kualitas produk adalah :
· Kesesuaian dengan kebutuhan
· Kelayakan untuk digunakan
· Bebas dari error dan failure
· Kepuasan customer
Parameter kualitas PL :
  • Parameter teknis (objektif) : solusi teknis
Correctness : ukuran tingkat defect
Reliability : ukuran failure
Capability : ukuran requirement coverage
Performance : ukuran kecepatan dan penggunaan sumber daya
Maintainability : ukuran change log
  • Parameter user (subjektif) : solusi non teknis
Usability : berapa % user senang dengan interface dan kemudahan penggunaan
Installability : jumlah masalah instalasi yang dilaporan per instalasi
Documentation : berapa % user senang dengan dokumentasi
Availability : berapa % user melaporkan masalah akses

Source :
http://dimas347.wordpress.com/2009/06/28/software-quality-management/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar